MENGENAL DAN MENGELOLA HATI

Hati manusia terbagi menjadi dua pengertian, yaitu :

  1. Pengertian Fisik ( Jantung )

Hati yang dimaksud dalam pengertian fisik. Manusia juga memiliki organ tubuh yang dinamakan “jantung” berbentuk censerung kerucut tumpul. Jantung pada tubuh manusia menempati diantar kedua paru-paru tepatnya pada bagian tengah rongga toraks. Sebuah jantung memiliki 4 buah ruang berongga. Ukuran jantung sendiri kurang lebih sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung manusia terletak di sebelah kiri bagian dada, diantara paru-paru, terlindungi oleh tulang rusuk. Sedangkan bagian aspek jantung di intercostal ke-5 atau tepatnya dibawah putting susu sebelah kiri ( dalam hal ini disebut sebagai posisi hati manusia dalam bentuk spiritual yaitu dada sebelah kiri berjarak dua jari yang disatukan yaitu telunjuk dan jari tengah). Sesuai dengan etimologis, jantung pada dunia medis memiliki istilah cardio/kardio. Ialah berasal dari bahasa Latin, cor.  Dimana cor dalam bahasa latin memiliki arti: sebuah rongga ( kemudian dimana rongga-rongga jantung tersebut didalamnya terdapat darah-darah hitam dan letah “RUH” manusia berada). Jantung memompa darah lewat pembuluh darah dalam kontraksi berirama yang berulang dan berkonsistensi.

Sumber : http://jantung.klikdokter.com

  1. Pengertian Halus Wilayah Spiritual

Hati mengandung makna halus dan ada dalam setiap manusia. Mengendalikan wilayah emosional yang mewujudkan perasaan manusia, serta membentuk sikap dan perilaku manusia, yaitu :

“Didalam tubuh manusia itu ada segumpal darah, apabila segumpal darah itu baik maka akan baiklah seluruh tubuh manusia tersebut (perilaku), dan apabila segumpal darah itu rusak maka akan rusaklah seluruh tubuhnya. Dia itu adalah “HATI”.

Maksudnya :

Ketika kita bekerja untuk mendapatkan rezeki dengan cara “positif” maka kita akan mendapatkan “uang positif (halal)”, kemudian uang tersebut dibelikan makanan dan melalui proses metabolisme kemudian terurai menjadi segumpal darah. Kemudian gumpalan darah tersebut dipompa oleh jantung keseluruh  tubuh, mengaliri setiap pembuluh-pembuluh darah.

Ternyata pengertian hati yang kita kenal selama ini bukanlah hati (hepar), melainkan “jantung”. Perbedaan bahasa terkadang membuat perbedaan persepsi setiap orang akan menjadi berbeda, dan kembali pada sudut pandang orang tersebut.

Dalam bahasa Inggris pun terjadi persamaan bahasa yaitu, “heart” dalam pengertian jantung dan “heart” dalam pengertian hati.

Hati sering disebut sebagai “hati sanubari” yang berasal dari bahasa Arab, yaitu “shanaubar”. Berawal dari masyarakat Arab beberapa abad silam mengidentifikasikan jantung mirip dengan buah “shanaubar” yang dalam bahasa Inggrisnya “pine” dan dalam bahasa Indonesia “cemera” karena organ jantung manusia berbentuk seperti “buah cemara”. Pada akhirnya, hati sering disebut sebagai “hati sanubari”, perlambang perwujudan dari hati manusia dan bukan mencerminkan hati terdalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s